Saturday, December 20, 2014

Visit kawah putih Ciwidey...

Alhamdulillah... disela sela tugas dinas (pelatihan) di Bandung, masih punya kesempatan menikmati indahnya pemandangan dan segarnya udara "kawah putih Ciwidey" bersama keluarga serta rekan kerja.
@kawah putih Ciwidey
Kawah Putih terletak di Rancabali, berjarak sekitar 44 km arah selatan dari Kota Bandung.
Perjalanan ke lokasi wisata kawah putih ditempuh selama kurang lebih 3 jam dari kota Bandung, mengingat kondisi jalanan menuju kawasan wisata yang relatif macet. Menurut informasi pak driver kalo lalu lintas lancar bisa ditempuh maksimal 2 jam, bahkan bisa 1 jam setengah. Jadi klo kita punya agenda ke beberapa tempat tujuan di Bandung pada hari yang sama, tidak disarankan untuk ke kawah putih Ciwidey.


Kawah Putih Ciwidey merupakan sebuah danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang bercampur belerang di sekitar kawah ini berwarna putih, lalu warna air yang berada di kawah ini berwarna putih kehijauan, yang unik dari kawah ini adalah airnya kadang berubah warna. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 m dpl dibawah puncak/titik tertinggi Gunung Patuha.

Berada dilokasi kawah putih, kita akan menjumpai panorama alam yang memikat, air danau berwarna putih kehijauan terlihat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau. Di sebelah utara danau, berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya.
bersama kolega di lokasi kawah putih
Untuk bisa sampai di lokasi kawah putih Ciwidey, kita bisa menggunakan route perjalanan sebagai berikut:  dari luar Bandung yang menggunnakan kendaraan roda empat dapat melewati jalur pintu Keluar Tol Kopo, melewati sayati dan dilanjutkan ke Soreang, dari soreang dilanjukan ke Ciwidey dan sampailah di lokasi kawah putih. Route alternatif bisa menggunakan jalur tol Buah Batu.
Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, akses ke kawah putih ditempuh dengan menggunakan jalur terminal Leuwi Panjang – dilanjutkan ke terminal Ciwidey – lokasi Kawah Putih.

Untuk dapat masuk ke tempat wisata di kawah putih Ciwidey Bandung ini, kita harus membayar tiket masuk Kawah Putih sebesar Rp 17.000,- (tujubelas ribu rupiah) per orang, ditambah tarif ontang-anting Rp. 15.000,- (lima belas ribu rupiah).

1 comment: