Friday, May 22, 2015

Road Trip "Sidoarjo - Semarang - Cepu"

ilustrasi touring

Ketika ada tugas pelatihan dan sertifikasi di Semarang dan Cepu, maka saya rencanakan untuk mengajak serta keluarga untuk menemani selama tugas tersebut. Kalo sebelumnya bepergian bersama keluarga sudah pernah menggunakan moda transport pesawat dan kereta api, maka untuk kali ini saya akan menggunakan mobil untuk menuju ke lokasi tugas. Rute yang akan saya tempuh adalah Sidoarjo (rumah) - Semarang, kemudian lanjut ke Cepu, dari Cepu kembali pulang ke Sidoarjo.

Tibalah waktu untuk berangkat ke tempat tugas (Semarang), hari itu jum'at selesai sholat jum'at kami bersiap berangkat dari rumah. Sekitar pukul 13:30 kami berangkat menuju Semarang lewat jalan tol sidoarjo-surabaya, sambung ke tol gresik, lalu lanjut lewat jalur pantura. Alhamdulillah perjalanan lancar, sempat beberapa kali istirahat untuk sholat dan ke toilet. Mendekati Semarang perjalanan sempat agak macet karena ada perbaikan jalan, akhirnya masuk kota Semarang sekitar pukul 21:00. kami langsung menuju tempat penginapan di Santika Premiere Semarang.
Santika Premiere, Semarang

Hotel Santika Premiere (sebelumnya Graha Santika) berada di jalan Pandanaran no.116 Semarang, dekat dengan simpang lima (pusat kota) Semarang. Di situlah tempat pelatihan di selenggarakan selama 3 hari. Selepas tugas pelatihan, sore atau malamnya saya beserta keluarga menyempatkan untuk jalan jalan menikmati suasana kota Semarang, misalnya ke area Simpang Lima.

Simpang lima adalah sebuah lapangan (atau dikenal dengan alun alun) dan merupakan pertemuan dari lima jalan yang menyatu, yaitu jl. Pahlawan, jl. Pandanaran, jl. A. Yani, jl. gajah mada dan jl. A Dahlan. Pada malam hari banyak penjual kaki lima dan aneka hiburan yang dapat di jumpai di area simpang lima. Pada hari ahad pagi, di area sekitar simpang lima merupakan area "car free day" sehingga jalan hanya dipakai untuk pejalan kaki dan sepeda saja. Banyak kegiatan yang di selenggarakan di area simpang lima, mulai dari senam aerobik, demo memasak, macam macam promo, jajanan kaki lima dsb. yang pastinya rame banget...!

Selain jalan jalan ke simpang lima, kami juga mencoba mengunjungi daerah Pantai Marina. Lokasi pantai Marina sebenarnya masuk wilayah perumahan, namun diperbolehkan untuk umum. Sayangnya fasilitas dan view di pantai Marina tidak seperti expektasi kami, pantainya ternyata biasa saja.

Selesai tugas pelatihan saya di Semarang, maka dilanjutkan dengan sertifikasi di Cepu. Hari senin saya bersiap untuk check out dan berangkat menuju Cepu. Perjalanan dari Semarang menuju Cepu tidaklah semulus perjalanan sebelumnya. Hal ini dikarenakan jalanan menuju Cepu kondisinya kurang baik, sehingga yang normalnya jarak tempuh berkisar 2,5 jam menjadi 4-5 jam.
Sampai Cepu sekitar jam 13.00 langsung menuju tempat penginapan (Grand Mega Resort). Hotel Grand Mega Resort, sesuai namanya dengan tema resor... suasananya begitu asri, banyak kolam ikan, dengan aneka ikan hias, pepohonan... kawasan hotelnya sangat luas.
Grand Mega Resort
Kami kebetulan mendapat kamar yang baru, letaknya cukup jauh di dalam (lumayan juga jalan kaki bawa bagasi...). Ketika kami datang, proyek perluasan masih sedang digarap, sehingga kenyamanan tamu agak terganggu.

Setelah check in, saya beserta grup peserta sertifikasi menuju ke Pusdiklat migas Cepu untuk ambil pas photo serta informasi ujian sertikasi buat keesokan hari.
Ujian sertifikasi migas dilaksanakan selama 3 hari, yang terdiri dari: hari pertama ujian tulis, hari kedua ujian wawancara, dan hari terakhir ujian praktek. Setelah selesai melaksanakan rangkaian ujian sertifikasi, hasilnya (lulus atau tidaknya) tidak bisa langsung di ketahui pada hari itu. Pengumuman kelulusan bisa di lihat melalui website (pusdiklatmigas.esdm.go.id) sekitar 1 minggu setelah ujian.

Sehingga setelah selesai ujian sertifikasi di pusdiklat migas, kami bisa langsung pulang dan selesailah tugas pelatihan dan sertifikasi saya di Semarang dan Cepu. Maka kami pun bersiap untuk check out dan pulang ke Sidoarjo.