Thursday, July 23, 2015

Maen Air di Saygon Water Park, Pasuruan

suasana di dalam saygon waterpark
Alhamdulillah, pada libur lebaran 2015 ini berkesempatan mengajak keluarga bermain ke wisata air Saygon waterpark. Saygon Waterpark, merupakan wahana wisata yang relative baru di buka. Terletak di desa Sengon, Purwosari, Kab pasuruan.

Untuk sampai ke lokasi saygon waterpark, dari arah Surabaya dapat ditempuh lewat jalan tol Surabaya-porong, lanjut lewat jalan arteri porong, kemudian lewat jalan tol gempol-pandaan. Keluar tol pandaan, dilanjutkan ke jalan raya gempol-malang. Lokasi saygon waterpark dari Surabaya berada setelah Taman Safari II, sekitar 7 km. Akan ketemu perempatan Sengon, lalu belok kiri masuk sekitar 1 km.

Di lokasi saygon waterpark terdapat hotel yang menyatu dengan tempat wisata. Hotel tsb kelihatannya tidak terlalu besar (belum nyoba juga… :). Tempat parkir kendaraan berada setelahnya tempat wisata. Pengelolaan parkirnya terlihat masih sederhana, untuk tariff parkir motor Rp. 2000,- sedangkan mobil Rp. 5000,-

Untuk harga tiket masuk saygon waterpark ada dua macam: Rp. 35.000,- untuk tiket wahana saja, dan Rp. 50.000,- untuk tiket terusan (wahana dan kolam renang olympic). Karena saya pikir kolam renang olympic cocoknya untuk atlit renang professional saja, maka saya beli yang tiket wahana saja (padahal aslinya hemat…). Oia… untuk anak anak yang tinggi badan kurang dari 90 cm, tidak perlu bayar tiket masuk.

Setelah beli tiket masuk, kita akan diberi gelang karet semacam jam tangan. Gelang karet tersebut tidak boleh hilang, karena harus dikembalikan lagi nanti pada saat keluar. Ehmmm… di depan pintu masuk terdapat pengumuman tidak boleh membawa makanan dari luar. Namun kemarin kami coba cuek aja… pura-pura gak tahu, kami bawa bekal makanan dalam tas. Eh… ternyata lolos, dan ternyata banyak juga pengunjung lain yang lolos bawa bekal makanan dari luar.
Kolam anak dgn latar belakang pesawat Boeing
Memasuki areal wisata saygon waterpark, kesan yang paling special adalah adanya pesawat Boeing 737 seri 400 yang di pajang di atas wahana kolam permainan anak. Klo saya tebak… pesawat itu bekas armada maskapai penerbangan Gar*da Ind*nesia. Oia… pengunjung diperbolehkan untuk naik kedalam pesawat tersebut dan di pandu oleh pramugari. Eits… tp tunggu dulu, pengunjung di haruskan membayar Rp. 10.000,- untuk dapat menikmati tour ke dalam pesawat (tiket masuk pesawat tidak termasuk dalam tiket masuk). Sayangnya, kemarin kami tidak sempat menikmati tour dalam pesawat tersebut, karena banyak pengunjung yang masih ngantri. Satu sesi tour dalam pesawat perlu waktu sekitar 30 menit.
Latar belakang pesawat Boeing 737-400
Luasan areal wisata saygon waterpark tidaklah terlalu luas, sehingga ketika musim liburan (seperti libur lebaran ini) nampak sangat tidak memadai. Memang terdapat beberapa gazebo di sekitar area wahana, namun sangat jauh dari cukup. Akibatnya banyak pengunjung yang tidak kebagian tempat untuk beristirahat. Fasilitas lain yang disediakan di dalam area saygon waterpark antara lain musholla, kamar ganti sekaligus toilet, peminjaman ban pelampung, locker. Untuk sewa ban pelampung harganya Rp. 10.000 untuk yang single, Rp. 15.000 utk yang double. Selain itu ada juga food court, untuk harga makanan di food court cukup standart (alias tidak berbeda jauh dengan harga di luar...)

Wahana yang ada di saygon waterpark antara lain: kolam dan wahana anak, kolam arus, kolam ombak, arena seluncur (slide), kolam renang olimpic (utk tiket terusan). Di kolam & wahana anak terdapat beberapa seluncur (slide) pendek, juga ada water boom. Kolam arus merupakan kolam keliling, semacam sungai kecil. Untuk menikmati kolam arus ini cocoknya dengan ban pelampung, kita akan terhanyut mengikuti arus. Begitu pula dengan kolam ombak, tentu perlu pelampung agar kita dapat terombang ambing mengikuti ombak buatan. Oia… ombak buatan di kolam ombak tidak setiap saat muncul, ada jadwalnya; klo tidak salah setiap pukul 11:00, 13:00 dan 15:00 baru di munculkan, itupun hanya 15 menit. Untuk arena slide (seluncur), ada slide kecepatan ekstrim, ada slide terbuka dan ada slide tertutup. Kita bisa menikmati slide terbuka dengan menggunakan ban pelampung.
Arena slide (seluncur)

Kolam ombak
Untuk info lebih lanjut silakan akses web resminya www.saygonwaterpark.com

2 comments:

  1. penjaga minim trutama pd kolam arus. bahaya utk ank2 tnpa didampingin. petugas jaga byk yg ngobrol2 tnpa peduli disekitar kolam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm... agak kurang disiplin ya....petugasnya
      terimakasih atas kunjungannya dan reviewnya

      Delete