Monday, October 19, 2015

Program BISA, belajar bahasa Arab tanpa tatap muka (lewat aplikasi whatsapp)

Digital explosion telah merubah banyak hal dalam kehidupan ummat manusia. Cara berinteraksi, cara berkomunikasi, cara bersosial, cara berbelanja sedikit demi sedikit mulai bergeser dari cara cara konvensional menuju ke arah digital. Di awali dengan kehadiran dunia internet, kemudian munculnya media sosial seperti facebook, twitter, youtube, instagram dll. telah merevolusi batasan wilayah pertemanan menjadi semakin globlal. Semakin hari perkembangan teknologi mobile semakin canggih, didukung dengan lahirnya banyak aplikasi mobile yang gratis seperti misalnya whatsapp, telegram, line, facebook mobile dsb. ditambah dengan harga gadget mobile yang juga semakin terjangkau, membuat masyarakat secara massive terdorong untuk menikmati layanan mobile berbasis data tersebut.
Saat ini hampir di setiap lapisan masyarakat telah mengalami ketergantungan terhadap gadget digital (smartphone, tablet dll), baik itu untuk sekedar browsing informasi, update status, chatting (aplikasi messenger), belanja online, sampai pada fungsi untuk mendukung pekerjaan profesionalnya. Setiap perkembangan akan selalu membawa dampak positif dan negatif, tergantung pribadi yang memanfaatkannya. Alhamdulillah, salah satu dampak positif dari perkembangan teknologi mobile ini adalah lahirnya program belajar online melalui aplikasi messenger whatsapp. Program tersebut bernama "Program BISA" belajar ilmu sharaf (ilmu bahasa Arab) yang di gagas oleh Yayasan BISA.
Program BISA (Belajar Islam dan Bahasa Arab) adalah program kursus non formal jarak jauh yang diluncurkan sebagai bagian dari cita-cita untuk sebanyak mungkin membantu umat Islam agar bisa “melek” ilmu islam & bahasa Arab di tengah-tengah kesibukan dalam menjalani aktivitas keseharian masing-masing.
Program BISA sengaja dirancang dengan silabus dan kurikulum yang telah disesuaikan untuk seluruh tingkatan pemahaman dan profesi sehingga orang yang belum belajar bahasa Arab sekalipun insya Allah bisa menuntaskan program BISA dalam 2 bulan dengan 8 kali pertemuan online via aplikasi Whatsapp Messenger masing-masing 90 menit yang dilaksanakan setiap Ahad sore (pukul 16.00-17.30 WIB).
Saat ini program BISA sedang melaksanakan kegiatan pembelajaran angkatan ke-18 dengan jumlah peserta +1500 (ikhwan & akhwat) yang berlangsung sejak 11 oktober dan akan selesai 29 november 2015.
Diktat dan materi pendukung disediakan dalam bentuk ebook, audio maupun video yang dapat di download lewat dropbox ataupun youtube. Buku versi cetak juga tersedia dengan cara memesan ke contact person yang di tunjuk dengan mengganti ongkos cetak dan biaya kirim.
Sungguh suatu revolusi pembelajaran yang dasyat... kombinasi aplikasi whatsapp messenger (peserta tidak terikat tempat), materi tulisan (ebook atau cetak), penjelasan audio (dropbox), disertai ilustrasi video (youtube)...
Informasi lebih detail tentang program BISA dapat mengakses ke halaman situs program BISA
website: www.programbisa.com
youtube: https://www.youtube.com/user/ProgramBISA

***$$$***
Note: Saat ini penulis sedang mengikuti program BISA angkatan-18 ikhwan, semoga panulis bisa istiqomah untuk mengikuti program ini sampai tuntas.

No comments:

Post a Comment